Metode & Algoritma | List Tutorials | Source Code | About | Sitemap
Konsultan Tesis
Bimbingan dan Konsultasi Tesis Informatika bersama team Project Graduate Indonesia. Konsultasi hanya untuk yang sudah me-Like FB kami (Silahkan LIKE tombol ini jika belum).
. Scroll kebawah untuk memasukan kode AntiSpam Protection. Hasil konsultasi akan kami kirimkan ke email Anda.

Membuat Aplikasi Game di iOS iPhone - Part 3 Deteksi Tumbukan




.


Metode dan Algoritma | Membuat Aplikasi Game di iOS iPhone - Part 3 Deteksi Tumbukan . Anda bisa melakukan konsultasi tentang Membuat Aplikasi Game di iOS iPhone - Part 3 Deteksi Tumbukan melalui form di samping kanan !!!

Deteksi Tumbukan


Sebelumnya : Bagian 2 Tutorial Game iOS iPhone -  Menggunakan Accelerometer


Catatan Editor: Ini adalah bagian 3 dari Maze seri game sederhana kami. Sebelumnya, kami menunjukkan Anda bagaimana memanfaatkan accelerometer untuk memindahkan pacman. Pada bagian akhir, kita akan menyelesaikan permainan dengan menerapkan deteksi tabrakan. Jika Anda belum membaca dua bagian pertama dari tutorial, kembali dan memeriksa bagian 1 dan bagian 2 dari tutorial pertama.


Pada bagian kedua dari seri tutorial ini kita telah belajar bagaimana untuk memindahkan sosok Pacman di sekitar layar. Aplikasi ini, bagaimanapun, masih hanya setengah matang. Pacman bisa bergerak dari layar dan melewati semua rintangan. Pada bagian akhir, kita akan mengubahnya menjadi sebuah permainan lengkap dengan menangani semua jenis tabrakan termasuk:



  • Tabrakan dengan batas-batas layar – pacman tidak harus bergerak dari layar dan kami berharap untuk bangkit kembali

  • Tabrakan dengan pac-dot – pemain memenangkan pertandingan ketika pacman melewati semua rintangan dan makan pac-dot

  • Tabrakan dengan hantu – pemain kehilangan permainan ketika pacman menyentuh hantu

  • Tabrakan dengan dinding – pacman bisa menabrak dinding tapi kami berharap pacman untuk bangkit kembali, bukan melewatinya


Maze Game Part 3 Tutorial



 


Tabrakan adalah salah satu tugas yang paling sulit dalam pengembangan video game, terutama untuk game 3D. Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari beberapa kasus tabrakan dan bagaimana kita bisa menyelesaikannya. Solusi yang diusulkan sangat sederhana. sementara game canggih harus menggunakan teknik tabrakan lainnya.


Mari kita mulai.





Penanganan Tabrakan dengan Batas Layar


Hal ini sangat mudah untuk mendeteksi jika pacman telah bertabrakan dengan batas-batas layar iPhone. Kita hanya perlu memeriksa apakah kerangka pacman ada di dalam layar. Tambahkan kode berikut di APPViewController.m ini:


Dan salin kode sumber metode baru:


- (void)collisionWithBoundaries {

if (self.currentPoint.x < 0) {
_currentPoint.x = 0;
self.pacmanXVelocity = -(self.pacmanXVelocity / 2.0);
}

if (self.currentPoint.y < 0) {
_currentPoint.y = 0;
self.pacmanYVelocity = -(self.pacmanYVelocity / 2.0);
}

if (self.currentPoint.x > self.view.bounds.size.width - self.pacman.image.size.width) {
_currentPoint.x = self.view.bounds.size.width - self.pacman.image.size.width;
self.pacmanXVelocity = -(self.pacmanXVelocity / 2.0);
}

if (self.currentPoint.y > self.view.bounds.size.height - self.pacman.image.size.height) {
_currentPoint.y = self.view.bounds.size.height - self.pacman.image.size.height;
self.pacmanYVelocity = -(self.pacmanYVelocity / 2.0);
}

}

 


Kami akan memanggil metode ini pada awal metode movePacman:


[self collisionWithBoundaries];

 


Ketika tabrakan terdeteksi, kita membalikkan arah vektor kecepatan, seperti sinar tercermin dalam cermin. Dalam dunia nyata, bola memantul memperlambat setiap kali itu memantul kembali dari tanah. Jadi di sini, kami menurunkan kecepatan setengah. Anda dapat mengubah parameter ini untuk memberikan lebih (atau kurang) elastisitas terhadap tabrakan.


Mengkompilasi dan menjalankan permainan. Anda akan segera melihat perbedaannya. Pacman ini tidak diizinkan untuk bergerak dari layar dan memantul kembali baik ketika hits batas layar. Efek keseluruhan sangat realistis. Beberapa orang mungkin terkejut bahwa kita dapat mencapai efek ini tanpa belajar fisika maju. Berkat accelerometer dan iOS SDK. Ini menyederhanakan seluruh implementasi.


Penanganan Tabrakan dengan Pac-Dot


Masalah berikutnya adalah bagaimana untuk mendeteksi tabrakan dengan pac-dot (yaitu titik kuning besar) atau pintu keluar. Sekali lagi, tidak sulit untuk menangani. Ini bahkan lebih sederhana daripada tabrakan batas layar karena kita tidak perlu menghitung berapa pacman akan bangkit kembali.


Tambahkan kode sumber berikut dalam APPViewController.m:


- (void)collisionWithExit {

if (CGRectIntersectsRect(self.pacman.frame, self.exit.frame)) {

[self.motionManager stopAccelerometerUpdates];

UIAlertView *alert = [[UIAlertView alloc] initWithTitle:@"Congratulations"
message:@"You've won the game!"
delegate:self
cancelButtonTitle:@"OK"
otherButtonTitles:nil];
[alert show];

}

}

 


Tambahkan baris kode berikut dalam metode movePacman, tepat sebelum collisionWithBoundaries pemanggilan metode:


[self collisionWithExit];

 


Graphics Core menyediakan fungsi CGRectIntersectsRect untuk membantu kami mendeteksi apakah satu tampilan yang tumpang tindih frame ditentukan pandangan yang lain bingkai. Dalam metode ini, kita menggunakan fungsi untuk memeriksa apakah frame dari pacman dan bingkai pintu keluar memotong. Jika frame yang tumpang tindih, itu berarti pemain telah memenangkan pertandingan. Untuk menjaga hal yang sederhana, kami hanya menampilkan pesan peringatan. Tentu saja, untuk permainan yang sebenarnya, Anda harus melakukan sesuatu yang lain, seperti kemajuan ke tingkat berikutnya.


Harap diingat untuk menghentikan update accelerometer seperti yang kita sudah melakukannya sesuai # 5. Jika kita tidak melakukan itu, kita akan terus mendapatkan pandangan waspada.


Penanganan Tabrakan dengan Ghost / Hantu


Dua jenis deteksi tabrakan adalah cukup sederhana. Ini sedikit lebih kompleks untuk mendeteksi tabrakan dengan sprite hantu karena mereka terus bergerak maju-mundur. Kami akan men-tweak teknik CGRectIntersectRect seperti yang digunakan dalam bagian terakhir untuk menangani tabrakan.


Dalam metode movePacman, tambahkan baris kode berikut tepat sebelum collisionWithBoundaries pemanggilan metode:


[self collisionWithGhosts];

 


Selanjutnya, tambahkan kode berikut di APPViewController.m ini:


- (void)collisionWithGhosts {

CALayer *ghostLayer1 = [self.ghost1.layer presentationLayer];
CALayer *ghostLayer2 = [self.ghost2.layer presentationLayer];
CALayer *ghostLayer3 = [self.ghost3.layer presentationLayer];

if (CGRectIntersectsRect(self.pacman.frame, ghostLayer1.frame)
|| CGRectIntersectsRect(self.pacman.frame, ghostLayer2.frame)
|| CGRectIntersectsRect(self.pacman.frame, ghostLayer3.frame) ) {

self.currentPoint = CGPointMake(0, 144);

UIAlertView *alert = [[UIAlertView alloc] initWithTitle:@"Oops!"
message:@"Mission Failed!"
delegate:self
cancelButtonTitle:@"OK"
otherButtonTitles:nil];
[alert show];

}

}

 


Seperti disebutkan sebelumnya, fungsi CGRectIntersectsRect digunakan untuk menentukan apakah frame dari dua pandangan yang tumpang tindih. Berbeda dengan pac dot, kerangka hantu animasi mencakup sepanjang semua animasi dari objek bergerak. Namun apa yang harus kita lakukan adalah untuk mendapatkan presentationLayer saat hantu yang mewakili keadaan lapisan karena saat ini muncul di layar. Dengan kata lain, kita mendapatkan posisi saat hantu dan menggunakan bingkai untuk memeriksa apakah itu tumpang tindih dengan frame pacman.


Sekali lagi, untuk menjaga permainan kami sederhana, kami hanya menunjukkan peringatan kegagalan ketika pemain memukul hantu dan kami akan restart permainan.


Maze Game Fail



Penanganan Tabrakan dengan Dinding


Tabrakan dengan dinding adalah kasus yang paling kompleks untuk belajar di tutorial ini. Demikian pula, kita akan menggunakan fungsi CGRectIntersectRect untuk mendeteksi jika frame pacman dan tumpang tindih frame tembok. Namun, tantangan bagaimana kita dapat menentukan sisi dinding kuadrat hits pacman dan bagaimana kita dapat menangani rebound.


Pertama, tambahkan baris kode berikut ke metode movePacman. Tempatkan sebelum metode collisionWithBoundaries:


[self collisionWithWalls];

 


Selanjutnya, tambahkan kode berikut di APPViewController.m:


- (void)collsionWithWalls {

CGRect frame = self.pacman.frame;
frame.origin.x = self.currentPoint.x;
frame.origin.y = self.currentPoint.y;

for (UIImageView *image in self.wall) {

if (CGRectIntersectsRect(frame, image.frame)) {

// Compute collision angle
CGPoint pacmanCenter = CGPointMake(frame.origin.x + (frame.size.width / 2),
frame.origin.y + (frame.size.height / 2));
CGPoint imageCenter = CGPointMake(image.frame.origin.x + (image.frame.size.width / 2),
image.frame.origin.y + (image.frame.size.height / 2));
CGFloat angleX = pacmanCenter.x - imageCenter.x;
CGFloat angleY = pacmanCenter.y - imageCenter.y;

if (abs(angleX) > abs(angleY)) {
_currentPoint.x = self.previousPoint.x;
self.pacmanXVelocity = -(self.pacmanXVelocity / 2.0);
} else {
_currentPoint.y = self.previousPoint.y;
self.pacmanYVelocity = -(self.pacmanYVelocity / 2.0);
}

}

}

}

 


Hal pertama yang harus kita lakukan adalah untuk menghitung titik tujuan akhir untuk pacman. Ketika pacman hits dinding, kita tidak akan pindah pacman ke posisi akhir. Jika tidak, pacman bisa melewati dinding.


Langkah berikutnya adalah untuk memeriksa apakah frame berbenturan, dan jika demikian, kita menghitung di mana sisi dinding (X atau Y) tabrakan telah terjadi. Untuk melakukan itu kita menghitung sudut tabrakan, dengan membandingkan titik tengah dari kedua objek. Jika komponen X sudut lebih besar dari komponen Y, kita harus membalikkan kecepatan X, jika tidak, kita membalikkan kecepatan Y:


maze game13




Tentu saja, metode ini hanya bekerja jika kita berhadapan dengan benda-benda kuadrat. Untuk obyek persegi panjang kita bisa menggunakan pendekatan yang sama. Namun, Anda akan memerlukan algoritma deteksi tabrakan jauh lebih baik untuk bentuk lainnya.


 


Kompilasi dan Jalankan Aplikasinya


Kami telah selesai permainan kami. Kompilasi aplikasi dan mengujinya pada perangkat fisik (tidak dalam simulator). Cobalah untuk memukul dinding, hantu dan makan pac dot.


Maze Game Win


Have fun!


 



Membuat Aplikasi iOS iPhone Game Pac Man


Workshop Membuat Aplikasi Game iOS (iPhone) Sederhana


Kaskus Membuat Aplikasi iOS iPhone Game .kaskus.co.id wts workshop membuat aplikasi game ios iphone ‎ 7 Des 2012 4 pesan 3 penulis Workshop : Simple iOS Game in One Day Bagi sebagian orang, menjadi developer, khususnya untuk platform iOS, terkesan sebagai profesi Membuat Game dan Aplikasi untuk iPhone Anda Prmob.net id.prmob.net › IPhone › IOS › IPod Touch‎ Anda tertarik dalam membuat aplikasi iPhone, aplikasi Facebook, dan permainan, pilih kamp komputer yang paling cocok seperti Camps iD Tek. Pelajari Aplikasi Game Android, PC, iPhone, iPad, iOS, Blackberry, Java aplikasigame.com ‎ 16 Jun 2013 Pusat Review dan Download Aplikasi Game Terbaik dan Terbaru untuk PC, Komputer, Android, iPhone, iPad, iOS, Blackberry, Java, Mac dan 10 Aplikasi Gratis IOS Terbaik Tahun 2013 EBO.WEB.ID ebo.web.id 10 aplikasi gratis ios terbaik tahun 2013 ‎ oleh Muhammad Februriyanto dalam 202 lingkaran Google+ 23 Mei 2013 Aplikasi ios terbaik yang kami buat, bisa anda download dari perangkat iDevice anda dengan Aplikasi iOS Tiny Wings untuk iPhone Game .


Cara Mudah Membuat Game Terindikasi Membuat Aplikasi iOS iPhone Game


terindikasi.com › Trik Tekno‎ 14 Mar 2013 Cara Mudah Membuat Game, Cara Membuat Game dengan Mudah, Cara Banyaknya game yang sudah tersebar diberbagai platfom dari mulai iPhone, mampu dijalankan pada aplikasi iOS, Android, ataupun lainnya. Bagaimana Cara Membuat Aplikasi iOS yang Benar iOS Developer fajarnugraha.com bagaimana cara membuat aplikasi ios yang benar par‎ Saat Anda pertama kali memutuskan membuat sebuah aplikasi iOS, Anda harus remaja, pebisnis muda, pesepeda, penggila game balap, atau maniak fiksi ilmiah. Layar iPad tidaklah sebesar monitor laptop, layar iPhone memiliki ukuran Membuat Aplikasi Iphone Untuk Non Programmer Game iPhone nuswanto.net membuat aplikasi iphone untuk non programmer.html‎ 20 Nov 2011 iphone, ipad games, app dan gadgets Belakangan, gw juga tertarik dengan cara membuat games ato aplikasi Iphone. perangkat yang mampu membantu membuat program Iphone tanpa harus mempelajari IOS (Iphone Cara Membuat dan Mengganti Tema LINE di iPhone, iPad, iPod (iOS) tutorial.inwepo.com


cara membuat dan mengganti theme line di iPho‎ 19 Jun 2013


Cara merubah tema untuk iOS (iphone, ipad, iod). iPod) di sini; *Extrak file theme di komputer PC menggunakan aplikasi winrar winzip Download Kumpulan Game LINE Rooted Version · Download Kumpulan Tema LINE Creating iOS apps using Adobe Flash Professional CS6 Adobe Membuat Aplikasi iOS iPhone Game .adobe.com inspire 2012 12 ios apps flash cs6.html‎ Diterjemahkan: Membuat aplikasi iOS menggunakan Adobe Flash CS6 profesional Adobe Prepare and publish a sample game for iOS (and Android) devices using Flash web designers and application developers are often tasked with creating games, Flash content couldn’t exist on the iPhone, the iPad, or other mobile devices. How to build an app: 40 great tutorials App design Creative Bloq Membuat Aplikasi iOS iPhone Game .creativebloq.com app design how build app tutorials 12121473‎ Diterjemahkan: Bagaimana membangun sebuah aplikasi: 40 tutorial yang besar Web desain Kreatif Bloq In this tutorial, you’ll build a cool iPhone app using an HTML5 structure, and add Create an iPhone game Build a game for iOS and Android with Corona


Jasa Pembuatan Program Aplikasi iOS iPhone iPad Objective C


Membuat Aplikasi iOS iPhone Game .project graduate.com jasapembuatan jasa pembuatan prog‎ oleh Hank Maudi Jasa pembuatan aplikasi ios, Informasi jasa programer pembuatan aplikasi mobile iOs Mungkin anda punya ide untuk membuat aplikasi,tetapi bingung untuk . ios iphone (1) jasa pembuatan game jakarta (1) jasa pembuatan aplikasi 10 Aplikasi IOS Terbaik 2013 Teknologi.co Membuat Aplikasi iOS iPhone Game .teknologi.co 6546 aplikasi ios terbaik ‎ 6 Jan 2013 Aplikasi ios terbaik yang kami buat, bisa anda download dari perangkat iDevice Ruzzle adalah games yang membuat anda berfikir untuk Ini Cara Mudah Bikin Game Tanpa Ribet Bahasa Pemrograman inet.detik.com ini cara mudah bikin game tanpa ribet bahasa pemrog‎ 14 Mar 2013 Membuat game saat ini sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah dan mampu dijalankan di aplikasi iOS, Android, ataupun lainnya. membuat game di berbagai aplikasi Mac OS, baik iPhone, iPad dan sejenisnya. 7 Aplikasi iOS untuk Membuat Gambar Meme Suatu Fakta Membuat Aplikasi iOS iPhone Game .suatufakta.com › Arena Game › Arena TIPs n trik ›


The Lounge‎ Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk iPhone, iPod dan iPad


7 Aplikasi iOS untuk Membuat Gambar Meme 10 out of 10 based on 9998 ratings. 10 user reviews. Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Arena Game Arena TIPs n Bagaimana Membuat Simple iPhone App di iOS 5 Tutorial: Part 1 3 Membuat Aplikasi iOS iPhone Game .raywenderlich.com bagaimana membuat simple iphone‎ oleh Ray Wenderlich dalam 1.047 lingkaran Google+ 11 Okt 2012 Bagaimana Membuat Simple iPhone App di iOS 5 – Tutorial: Part 1 3 Sambil membuat aplikasi ini, kita akan membahas beberapa topik yang .. When Ray’s not programming, he’s probably playing video games, role Membuat Aplikasi Menggunakan Tab Bar Controller di iOS iPhone dedepradana.org membuat aplikasi menggunakan tab bar controller ‎ 29 Mar 2013 Membuat Aplikasi Menggunakan Tab Bar Controller di iOS iPhone [Programming] . Games should use this method to pause the game. TUTORIAL GAME CASHFLOW: Video Training iPhone and iOS 5 Membuat Aplikasi iOS iPhone Game .masarkandas.com 2013 07 video training iphone and ios 5.html‎ 9 Jul 2013 Bagi yang ingin belajar membuat aplikasi agar bisa digunakan pada


Aplikasi iPhone yang menggunakan iOS 5


memerlukan beberapa Software Pembuat Game di iPhone dan iPad Paseban portal.paseban.com › article › Technology Update‎ oleh Junaidi Azhari 11 Jan 2012 Ingin mencoba membuat game di smartphone Apple seperti iPhone dan iPad? Cobalah aplikasi pembuat game iPhone dan iPad berikut ini! aplikasi untuk membuat game d ios Gopego.com gopego.com info aplikasi untuk membuat game d ios‎ APLIKASI UNTUK MEMBUAT GAME D IOS. Telah Dirilis Google Voice Untuk iPhoneAPPLE Aplikasi Google Voice untuk iPhone telah dirilis beberapa hari Cheat Engine Game Untuk iPhone,iPad,iPod Touch FREE ALL 4 hyllal netheroes.blogspot.com › › Ipad › IPhone › Jailbreak‎ oleh hyllal apple dalam 274 lingkaran Google+ Cara Jailbreak iOS 5.1.1 Untethered Menggunakan Absinthe 2.0.4 · Cara jailbreak Dapatkan Aplika




Membuat Aplikasi Game di iOS iPhone - Part 3 Deteksi Tumbukan


Source Code ActionScript AS3 ASP.NET AJAX C / C++ C# Clipper COBOL ColdFusion DataFlex Delphi Emacs Lisp Fortran FoxPro Java J2ME JavaScript JScript Lingo MATLAB Perl PHP PostScript Python SQL VBScript Visual Basic 6.0 Visual Basic .NET Flash MySQL Oracle Android
Related Post :


Project-G
Judul: Membuat Aplikasi Game di iOS iPhone - Part 3 Deteksi Tumbukan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2

Anda sedang membaca artikel tentang Membuat Aplikasi Game di iOS iPhone - Part 3 Deteksi Tumbukan, Semoga artikel tentang Membuat Aplikasi Game di iOS iPhone - Part 3 Deteksi Tumbukan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman semua, jangan lupa untuk mengunjungi lagi melalui link Membuat Aplikasi Game di iOS iPhone - Part 3 Deteksi Tumbukan.


Posted by: Metode Algoritma Updated at: 23.33

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar