|
Metode dan Algoritma | Mengenal IS Strategic Planning . Anda bisa melakukan konsultasi tentang Mengenal IS Strategic Planning melalui form di samping kanan !!!
Strategic Information Systems Planning (SISP)
Strategic Information Systems Planning (SISP) merupakan isu yang sangat penting belakangan ini dalam menghadapi bisnis karena dengan adanya SISP sebuah perusahaan dapat mendayagunakan sistem informasi yang dimilikinya untuk menciptakan sebuah bisnis strategi dan mencapai tujuan bisnisnya. Tetapi keagagalan dalam menjalankan SISP dapat membawa kerugian, kehilangan kesempatan dan resource yang terbuang percuma.
Ada dua pihak yang berperan penting dalam SISP, yaitu :
Computer expert yang akan berhubungan dengan hal-hal teknis seperti hardware, software, database, dan teknologi komunikasi
Business planner yang akan mengenali potensi IT/IS dalam suatu organisasi dan menggunakan/mengekplorasinya menjadi sebuah kelebihan untuk organisasi
Beberapa definisi SISP :
Lederer and Sethi : “The process of deciding the objectives for organizational computing and identifying potential computer applications which the organizational should implement”
T.D. Wilson : “An IS strategy brings together the business aims of the company, an understanding of the information needed to support those aims, and the implementation of computer systems to provide that information. It is a plan for the development of systems towards some future vision of IS in the organization”
Doherty, Marples and Suhaimi : “The process of identifying a portfolio of computer-based applications to be implemented, which is both highly aligned with corporate strategy and has the ability to create an advantage over competitors”
Tujuan dari organisasi untuk mengadopsi SISP adalah :
Dengan adanya SISP maka organisasi dapat menentukan prioritas investasi
Mengambil keuntungan dari kesempatan bisnis
Membangun cost-effective
Membangun kompetensi dan resource yang sesuai dengan organisasi
Konsep Sistem Informasi Strategis atau “SIS” pertama kali diperkenalkan ke bidang sistem informasi 1982-1983 oleh Dr Charles Wiseman, Presiden dari konsultasi yang baru terbentuk disebut “Aplikasi Kompetitif,” (lih. NY Negara catatan untuk konsultan terbentuk pada tahun 1982) yang memberikan serangkaian kuliah umum tentang SIS di NYC disponsori oleh Datamation Institute, sebuah anak perusahaan dari Majalah Datamation.
Pada tahun 1985 Wiseman menerbitkan sebuah artikel tentang subjek ini (co-ditulis oleh Prof Ian MacMillan) dalam Journal of Business Strategy (Jurnal Strategi Bisnis, jatuh, 1984)
Pada tahun 1985 ia menerbitkan buku pertama tentang SIS disebut “Strategi dan Komputer: Sistem Informasi sebagai Senjata Kompetitif” (Dow Jones-Irwin, 1985; diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis oleh Bertrand Kaulek dan ke Italia oleh Profesor Fabio Corno dari Universitas Bocconi). Pada tahun 1988 versi yang diperluas buku ini disebut “Sistem Informasi Strategis” diterbitkan oleh Richard D. Irwin. Buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang oleh Profesor Shinroki Tsuji dan diterbitkan oleh Berlian Publishing. Lebih dari 50.000 eksemplar telah terjual.
Kutipan-kutipan berikut dari Pendahuluan dari buku pertama (“Strategi dan Komputer: Sistem Informasi sebagai Senjata Kompetitif”) menetapkan ide dasar di balik gagasan SIS:
“Saya mulai mengumpulkan contoh dari sistem informasi yang digunakan untuk tujuan strategis lima tahun yang lalu, dubbing mereka” sistem informasi strategis “(Memo internal, Amerika Dapatkah Perusahaan (Kantor Pusat), Greenwich, CT, 1980). Tapi dari awal aku bingung dengan mereka terjadinya. Setidaknya secara teoritis saya tidak siap untuk mengakui adanya varietas baru aplikasi komputer. Pandangan konvensional pada saat itu diakui hanya sistem informasi manajemen, dan sistem pendukung manajemen, mantan digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi dan yang terakhir untuk mengotomatisasi proses bisnis dasar pengambil keputusan. (Lihat artikel oleh Richard Nolan, Jack Rockart, Michael Scott Morton, et al. pada waktu itu) … Tapi seperti file saya kasus tumbuh, saya menyadari bahwa perspektif konvensional pada sistem informasi adalah lengkap, tidak dapat menjelaskan SIS. Contoh mendustakan teori, dan teori di dalam orang percaya buta umum dari melihat SIS. Memang, beberapa sistem informasi perencanaan metodologi konvensional, yang bertindak seperti teori dalam membimbing pencarian sistematis peluang aplikasi komputer, mengecualikan tertentu kemungkinan SIS dari apa yang mungkin ditemukan. (ibid) “
“Ini kesadaran ketidakcukupan dogma dominan hari membawa saya untuk menyelidiki dasar konseptual, sehingga untuk berbicara, sistem informasi. Pada awalnya, saya percaya bahwa Injil konvensional bisa diperbesar untuk mengakomodasi SIS. Tapi penelitian saya berkembang, saya meninggalkan posisi ini dan menyimpulkan bahwa untuk menjelaskan SIS dan memfasilitasi penemuan mereka, salah satu yang diperlukan untuk melihat penggunaan teknologi komputer (informasi) dari perspektif yang berbeda secara radikal. “
“Saya menyebutnya perspektif strategis sistem informasi (teknologi). Bab-bab untuk mengikuti menyajikan konsepsi saya itu. Ditulis untuk eksekutif puncak dan manajer lini, mereka menunjukkan bagaimana komputer (teknologi informasi) dapat digunakan untuk mendukung atau membentuk strategi bersaing. “
Sebagian besar dari buku kedua, Sistem Informasi Strategis, terkena 1985-1988 kepada mahasiswa MBA di Columbia University Graduate School of Business dan sejumlah besar praktisi berusaha menerapkan konsep SIS ke pengaturan industri yang berbeda. Sejak saat itu konsep tersebut telah merangsang jurnal pada subjek, disertasi, dan penelitian kritis yang luas. (Referensi: pencarian Google Scholar, Clusty, et al menggunakan istilah:.. Sistem Informasi Strategis, SIS, Charles Wiseman, et al)
Karakterisasi sistem informasi strategis
Sekilas
Sistem Strategis adalah sistem informasi yang dikembangkan sebagai tanggapan terhadap inisiatif bisnis perusahaan. Mereka dimaksudkan untuk memberikan keunggulan kompetitif bagi organisasi. Mereka mungkin memberikan produk atau layanan yang dengan biaya lebih rendah, yang dibedakan, yang berfokus pada segmen pasar tertentu, atau inovatif.
Manajemen informasi strategis adalah fitur menonjol dalam dunia teknologi informasi (TI). Singkatnya, manajemen informasi strategis membantu bisnis dan organisasi mengkategorikan, toko, memproses dan mentransfer informasi yang mereka membuat dan menerima. Ini juga menawarkan alat untuk membantu perusahaan menerapkan metrik dan alat analisis untuk repositori informasi mereka, yang memungkinkan mereka untuk mengenali peluang untuk pertumbuhan dan menentukan cara-cara untuk meningkatkan efisiensi operasional.
Beberapa ide utama penulis etalase diringkas. Ini termasuk Keunggulan Kompetitif Michael Porter dan Value Chain, Charles Wiseman Strategis Perspektif View dan Proses Perencanaan Strategis, Strategi Kompetitif F. Warren McFarlan dengan contoh Peran Pelayanan Informasi, dan Manajemen Teknologi Informasi Gregory Parson di tingkat industri, pada tingkat perusahaan , dan pada tingkat strategi.
Definisi Umum
Sistem informasi strategis adalah mereka sistem komputer yang menerapkan strategi bisnis, Mereka merupakan sistem-sistem di mana sumber informasi layanan diterapkan untuk peluang bisnis strategis sedemikian rupa sehingga sistem komputer berdampak pada produk organisasi dan operasi bisnis. Sistem informasi strategis selalu sistem yang dikembangkan sebagai tanggapan terhadap inisiatif bisnis perusahaan. Ide-ide dalam beberapa kasus terkenal berasal dari Layanan informasi orang, tapi mereka diarahkan pada menyodorkan bisnis yang spesifik perusahaan. Dalam kasus lain, ide-ide berasal dari bisnis orang operasional, dan Jasa Informasi diberikan kemampuan teknologi untuk mewujudkan hasil yang menguntungkan.
Kebanyakan sistem informasi dipandang sebagai kegiatan pendukung untuk bisnis. Mereka mekanisasi operasi untuk efisiensi yang lebih baik, pengendalian, dan efektifitas, tetapi mereka tidak, dalam diri mereka, meningkatkan profitabilitas perusahaan. Mereka hanya digunakan untuk menyediakan manajemen dengan informasi yang diandalkan cukup untuk menjaga bisnis berjalan lancar, dan mereka digunakan untuk analisis untuk merencanakan arah baru. Sistem informasi strategis, di sisi lain, menjadi bagian integral dan penting dari bisnis, dan mereka mempengaruhi profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan. Mereka membuka pasar baru dan bisnis baru. Mereka langsung mempengaruhi sikap kompetitif organisasi, memberikan keunggulan terhadap pesaing.
Kebanyakan literatur tentang sistem informasi strategis menekankan terobosan dramatis dalam sistem komputer, seperti American Airlines ‘Sabre System dan terminal American Hospital Supply di kantor-kantor pelanggan. Ini, dan banyak pendekatan yang sangat sukses lain yang paling menarik untuk dipikirkan, dan selalu ada kemungkinan bahwa keberhasilan setara dapat dicapai dalam organisasi Anda. Ada banyak kemungkinan untuk sistem informasi strategis, namun, yang mungkin tidak terobosan dramatis, tapi yang pasti akan menjadi bagian dari pengambilan keputusan perusahaan dan akan, meningkatkan profitabilitas perusahaan. Perkembangan dari setiap sistem informasi strategis selalu meningkatkan citra Layanan informasi dalam organisasi, dan mengarah ke manajemen informasi memiliki peran yang lebih partisipatif dalam operasi organisasi.
Tiga jenis umum sistem informasi yang dikembangkan dan digunakan secara umum adalah sistem keuangan, sistem operasional, dan sistem strategis. Kategori ini tidak saling eksklusif dan, pada kenyataannya, mereka selalu saling melengkapi sampai batas. Terarah sistem keuangan dan sistem operasional mungkin menjadi sistem strategis bagi suatu organisasi tertentu.
Sistem keuangan adalah komputerisasi dasar akuntansi, penganggaran, dan keuangan operasi organisasi. Ini mirip dan di mana-mana di semua organisasi karena komputer telah terbukti menjadi ideal untuk mekanisasi dan kontrol atau sistem keuangan, ini termasuk sistem personil karena kontrol headcount dan gaji dari perusahaan adalah perhatian utama keuangan. Sistem keuangan harus menjadi salah satu dasar dari semua sistem lain karena mereka memberikan umum, pengukuran dikendalikan dari semua operasi dan proyek, dan dapat menyediakan nomor terpercaya untuk menunjukkan keberhasilan departemen atau proyek. Perencanaan organisasi harus terikat dengan analisis keuangan. Selalu ada kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan sistem strategis ketika sistem keuangan berada di tempat, dan tokoh-tokoh yang dibutuhkan dapat dengan mudah diambil dari mereka.
Sistem operasional, atau sistem layanan, membantu mengontrol rincian bisnis. Sistem tersebut akan bervariasi dengan masing-masing jenis usaha. Mereka adalah sistem komputer yang manajer operasional perlu untuk membantu menjalankan bisnis secara routing. Mereka mungkin berguna tapi biasa sistem yang hanya melacak persediaan, misalnya, dan mencetak menyusun ulang poin dan alokasi biaya. Di sisi lain, mereka mungkin memiliki perspektif strategis dibangun ke dalam mereka, dan dapat menangani persediaan dengan cara yang dramatis dampak profitabilitas. Sebuah contoh utama dari hal ini adalah Rumah Sakit Pasokan sistem pengendalian persediaan Amerika diinstal di tempat pelanggan.
Dimana sebagian besar sistem pengendalian persediaan hanya memperlancar operasi dan memberikan pengendalian biaya yang memadai, sistem ini rumah sakit terkenal menerobos dengan versi baru dari penggunaan sistem operasional untuk keunggulan kompetitif. Sebagian besar sistem operasional yang banyak sistem komputer besar dan kecil telah dibeli, bagaimanapun, cukup membantu untuk mengelola dan mengotomatisasi bisnis. Mereka adalah penting dan perlu, tetapi hanya dapat dimasukkan ke dalam kategori “strategis” itu mereka memiliki dampak nyata pada profitabilitas bisnis.
Semua bisnis harus memiliki kedua perencanaan jangka panjang dan jangka pendek dari sistem operasional untuk memastikan bahwa kemungkinan kegunaan komputer akan disita dalam waktu yang wajar. Perencanaan tersebut akan memproyeksikan analisis dan biaya, pengembangan sistem pertimbangan siklus hidup, dan perencanaan teknologi yang spesifik, seperti untuk komputer, database, dan komunikasi. Harus ada perencanaan kapasitas komputer, peramalan teknologi, dan perencanaan kinerja personil. Hal ini lebih mungkin bahwa mereka dalam organisasi dengan visi kewirausahaan akan memahami rencana strategis ketika kemampuan operasional dasar seperti berada di tempat dan dikelola dengan baik.
Sistem operasional, maka, adalah mereka yang menjaga operasi organisasi di bawah kontrol dan biaya yang paling efektif. Salah satu dari mereka dapat berubah ke sistem strategis jika mereka dilihat dengan visi strategis. Mereka adalah lahan yang subur untuk peluang bisnis baru.
Sistem Strategis adalah mereka yang bisnis hubungan dan strategies.They komputer adalah sistem di mana strategi bisnis baru telah dikembangkan dan mereka dapat direalisasikan dengan menggunakan Teknologi Informasi. Mereka mungkin sistem di mana teknologi komputer baru telah tersedia di pasar, dan perencana dengan semangat kewirausahaan memahami bagaimana kemampuan baru dapat dengan cepat mendapatkan keuntungan kompetitif.
Mereka mungkin sistem di mana orang manajemen operasional dan Jasa Informasi orang telah brainstorming bersama-sama atas masalah bisnis, dan telah menyadari bahwa dorongan kompetitif baru dimungkinkan bila metode komputer diterapkan dalam cara baru.
Ada kecenderungan untuk berpikir bahwa sistem strategis hanya mereka yang telah disusun pada apa yang populer, penulisan ilmiah kadang-kadang menyebut “achtpunckt.” Ini hanyalah sintetis Jerman untuk “titik di mana Anda mengatakan ‘Acht!’ Atau ‘itu!’” Kisah klasik Archimedes menemukan prinsip kepadatan materi dengan masuk ke bak mandi penuh, melihat itu meluap, kemudian berteriak ” Eureka! ” atau “Saya telah menemukan itu!” adalah contoh sempurna dari achtpuncht. Hal ini paling menyenangkan dan menguntungkan jika seseorang cukup brilian, atau cukup beruntung, untuk memiliki pengalaman seperti itu.
Sebagian besar orang harus puas, bagaimanapun, langkah-demi-langkah untuk bekerja di proses mencoba untuk mendapatkan visi strategis, mencoba untuk mengintegrasikan layanan informasi berpikir dengan pemikiran operasional perusahaan, dan mencoba untuk memahami arah baru untuk mengambil dalam sistem pembangunan. Ini bukan tugas yang mustahil, tetapi merupakan tugas yang lambat yang membutuhkan banyak komunikasi dan kerjasama.
Jika kemungkinan sistem strategis dimengerti oleh semua manajer di sebuah perusahaan, dan mereka mendekati perkembangan ide-ide dan perencanaan sistematis, kemungkinan yang baik bahwa sistem strategis akan hasil. Ini mungkin tidak sedramatis Amerika Airlines Sabre, tetapi mereka pasti bisa sangat menguntungkan.
Ada kesepakatan umum bahwa sistem strategis adalah sistem informasi mereka yang dapat digunakan mendapatkan keunggulan kompetitif. Bagaimana keunggulan kompetitif diperoleh?. Pada titik ini, penulis yang berbeda daftar kemungkinan yang berbeda, namun tidak satupun dari mereka mengklaim bahwa mungkin tidak ada lubang lainnya untuk bergerak melalui.
Beberapa cara yang lebih umum berpikir tentang mendapatkan keunggulan kompetitif adalah:
Memberikan produk atau layanan dengan biaya lebih rendah. Ini tidak berarti biaya terendah, tetapi hanya biaya yang berkaitan dengan kualitas produk atau jasa yang akan baik menarik di pasar dan akan menghasilkan pengembalian yang memadai atas investasi. Biaya dipertimbangkan bukan hanya biaya pengolahan data, tetapi biaya keseluruhan dari semua kegiatan perusahaan untuk pengiriman produk atau layanan. Ada banyak sistem komputer operasional yang telah memberikan penghematan biaya internal dan keuntungan internal lainnya, tetapi mereka tidak dapat dianggap sebagai strategis sampai tabungan mereka dapat diterjemahkan ke posisi kompetitif baik di pasar.
Memberikan produk atau jasa yang kita dibedakan. Diferensiasi berarti penambahan fitur unik untuk produk atau jasa yang kompetitif menarik di pasar. Umumnya fitur tersebut akan biaya sesuatu untuk memproduksi, dan sehingga mereka akan menjadi titik pengaturan, daripada biaya sendiri. Jarang produk biaya terendah juga memiliki diferensiasi terbaik. Sebuah sistem strategis membantu pelanggan untuk merasa bahwa mereka mendapatkan beberapa tambahan untuk penyihir mereka akan rela menepuk.
Fokus pada segmen pasar tertentu. Idenya adalah untuk mengidentifikasi dan menciptakan ceruk pasar yang belum memadai diisi. Teknologi informasi sering mampu memberikan kemampuan mendefinisikan, memperluas, dan mengisi ceruk tertentu atau segmen. Aplikasi ini akan sangat spesifik untuk industri.
Inovasi. Mengembangkan produk atau jasa melalui penggunaan komputer yang baru dan lumayan dari penawaran lain yang tersedia. Contoh ini adalah kartu kredit otomatis menyerahkan di pusat pelayanan, dan anjungan tunai mandiri di bank-bank. Pendekatan inovatif tersebut tidak hanya memberikan peluang baru untuk menarik pelanggan, tetapi juga membuka sepenuhnya bidang bisnis baru sehingga penggunaannya memiliki permintaan yang sangat elastis.
Hampir semua sistem pengolahan data dapat disebut “strategis” jika meluruskan strategi komputer dengan strategi bisnis organisasi, dan ada kerjasama yang erat dalam perkembangannya antara informasi Layanan orang dan manajer bisnis operasional. Harus ada koneksi eksplisit antara rencana bisnis organisasi dan sistem yang berencana untuk memberikan dukungan yang lebih baik dari tujuan dan sasaran organisasi, dan kontrol manajemen lebih dekat dari sistem informasi penting.
Banyak organisasi yang telah melakukan pekerjaan yang besar dengan komputer sejak tahun 1950 telah lama menggunakan istilah “perencanaan strategis” untuk pengembangan komputer manapun yang akan secara langsung mempengaruhi perilaku bisnis mereka.
Tidak termasuk adalah anggaran, atau perencanaan tahunan dan perencanaan pengembangan Informasi Fasilitas Layanan dan banyak “rumah tangga” tugas-tugas yang diperlukan dalam setiap perusahaan. Pasti termasuk dalam perencanaan strategis adalah sistem informasi yang akan digunakan oleh manajemen operasional untuk melakukan bisnis yang lebih menguntungkan. Sebuah tes sederhana akan meminta apakah presiden perusahaan, atau wakil presiden senior, akan tertarik dalam hasil langsung dari pengembangan sistem karena mereka merasa itu akan mempengaruhi profitabilitas mereka. Jika jawabannya adalah ya, maka sistem strategis.
Sistem Strategis, dengan demikian, berusaha untuk menyesuaikan sumber daya Layanan Informasi peluang bisnis strategis di mana sistem komputer akan berdampak pada produk dan operasi bisnis. Perencanaan strategis untuk sistem tidak didefinisikan oleh siklus kalender atau pelaporan rutin. Hal ini didefinisikan oleh upaya yang diperlukan untuk dampak lingkungan yang kompetitif dan strategi perusahaan pada titik waktu bahwa manajemen ingin melanjutkan ide.
Sistem strategis yang efektif hanya dapat dicapai, tentu saja, jika kemampuan berada di tempat untuk pekerjaan dasar rutin mengumpulkan data, mengevaluasi peralatan mungkin dan software, dan mengelola pelaporan rutin status proyek. Perencanaan calendarized dan kerja operasional mutlak diperlukan sebagai dasar dari mana sistem strategis dapat direncanakan dan dikembangkan ketika situasi prioritas muncul. Ketika kebutuhan strategis baru menjadi jelas, Layanan Informasi harus meletakkan dasar untuk dapat menerima tugas untuk memenuhi kebutuhan itu.
Sistem inovasi strategis yang dramatis akan selalu menjadi orang-orang yang ditulis di literatur.
Konsultan dalam sistem strategis harus memiliki contoh jelas inovatif dan sukses untuk menarik perhatian manajemen senior. Ini harus jelas, bagaimanapun, bahwa sebagian besar personel Layanan Informasi harus meningkatkan keberhasilan diiklankan lagi dana untuk sistem mereka sendiri. Sistem ini mungkin tidak berpengaruh Olimpiade pada suatu organisasi, tetapi mereka akan memiliki kesempatan yang baik menjadi jelas menguntungkan. Itu akan cukup untuk manajemen yang paling operasional, dan akan menarik keluar dana dan dukungan yang diperlukan. Ini membantu untuk berbicara tentang kemungkinan terobosan besar, jika selalu diingat bahwa ada banyak sistem strategis dikembangkan dan dipasang yang cukup sukses untuk menjadi sangat dipuji dalam organisasi dan menawarkan keunggulan kompetitif, tetapi tidak akan ditulis di Harvard Business Review.
Cara lain untuk menggambarkan sistem informasi strategis adalah untuk menunjukkan beberapa ide kunci dari rasul terkemuka sistem tersebut.
Keunggulan Kompetitif Porter
Dr Michael E. Porter, Profesor Administrasi Bisnis, Harvard Business School, telah dibahas ide-idenya dalam dua buku keystone. Strategi Kompetitif: Teknik untuk Menganalisis Industri dan Pesaing, dan buku baru nya, Keunggulan Kompetitif, menyajikan kerangka kerja untuk membantu perusahaan benar-benar menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif dalam industri mereka baik biaya atau diferensiasi. Teori Dr Porter pada keunggulan kompetitif tidak terikat dengan sistem informasi, tetapi digunakan oleh orang lain untuk melibatkan layanan informasi technologies._In bukunya, Dr Porter mengatakan bahwa ada dua pertanyaan utama dalam strategi kompetitif:
Bagaimana struktural yang menarik adalah industri?
Bagaimana posisi relatif perusahaan dalam industri?
Kedua pertanyaan ini bersifat dinamis, dan tidak cukup saja untuk memandu pilihan strategis. Keduanya dapat dipengaruhi oleh perilaku pesaing, dan keduanya dapat dibentuk oleh tindakan perusahaan. Sangat penting bahwa pertanyaan-pertanyaan ini dijawab oleh analisis, yang akan menjadi titik awal untuk berpikir strategis yang baik, dan akan membuka kemungkinan untuk peran profitabilitas systems.Industry informasi adalah fungsi dari lima kekuatan kompetitif dasar:
ancaman pendatang baru
ancaman produk pengganti atau layanan
daya tawar pemasok
daya tawar pembeli dan
intensitas persaingan antara pesaing yang ada
Buku Porter memberikan teknik untuk mendapatkan pegangan pada profitabilitas rata-rata kemungkinan suatu industri dari waktu ke waktu. Analisis kekuatan ini adalah dasar untuk memperkirakan posisi relatif perusahaan dan keunggulan kompetitif.
Dalam industri apapun, profitabilitas rata-rata yang berkelanjutan pesaing bervariasi. Masalahnya adalah untuk menentukan bagaimana bisnis dapat mengungguli rata-rata industri dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Ada kemungkinan bahwa jawabannya terletak pada teknologi informasi bersama-sama dengan klaim management._Porter baik bahwa jenis utama keunggulan kompetitif adalah produsen biaya rendah, diferensiasi, dan fokus. Sebuah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif jika mampu memberikan produk atau jasa dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan pesaingnya. Jika kualitas produk yang memuaskan, ini akan diterjemahkan ke dalam margin yang lebih tinggi dan keuntungan yang lebih tinggi.
Keuntungan lain yang diperoleh jika perusahaan mampu untuk membedakan dirinya dalam beberapa cara. Diferensiasi mengarah menawarkan sesuatu yang unik dan diinginkan, dan diterjemahkan ke dalam harga premium. Sekali lagi, ini akan menyebabkan margin yang lebih tinggi dan performance._It unggul tampaknya bahwa dua jenis keunggulan kompetitif, biaya rendah dan diferensiasi, saling eksklusif. Untuk mendapatkan biaya yang lebih rendah, Anda mengorbankan keunikan. Untuk mendapatkan harga premium, harus ada biaya tambahan yang terlibat dalam proses.
Untuk menjadi pemain unggul, _however, Anda harus pergi untuk keunggulan kompetitif baik dalam biaya atau tempat differentiation._Another dari Porter adalah bahwa keunggulan kompetitif yang diperoleh melalui basis strategi pada lingkup. Hal ini diperlukan untuk melihat luasnya kegiatan perusahaan, dan mempersempit ruang lingkup yang kompetitif untuk mendapatkan fokus di salah satu segmen industri, wilayah geografis, jenis pelanggan, dan sebagainya. Keunggulan kompetitif yang paling mudah diperoleh dengan mendefinisikan lingkup kompetitif di mana perusahaan beroperasi, dan berkonsentrasi pada it._Based oleh ide-ide dari jenis dan ruang lingkup, Porter memberikan alat yang berguna untuk analisis yang ia sebut Rantai Nilai (Gambar No 1 ). Rantai nilai ini memberikan kerangka di mana analisis yang berguna dapat digantung.
Dasar gagasan adalah bahwa untuk memahami keunggulan kompetitif dalam setiap perusahaan, seseorang tidak dapat melihat perusahaan secara keseluruhan. Hal ini diperlukan untuk mengidentifikasi kegiatan-kegiatan spesifik yang perusahaan melakukan untuk melakukan bisnis. Setiap perusahaan adalah kumpulan dari hal-hal yang tidak itu semua menambahkan hingga produk yang dikirim ke pelanggan. Kegiatan ini banyak dan unik untuk setiap industri, tetapi hanya dalam kegiatan ini wherecost keuntungan atau diferensiasi dapat ide dasar gained._The adalah bahwa kegiatan perusahaan dapat dibagi menjadi sembilan jenis generik. Lima adalah kegiatan utama, yaitu kegiatan yang menciptakan produk, pasar dan mengirimkannya, empat adalah kegiatan pendukung yang melintasi antara kegiatan utama. Kegiatan utama adalah:
Inbound logistik, yang meliputi penerimaan dan penyimpanan material, dan manajemen umum persediaan.
Operasi, yang merupakan langkah-langkah pembuatan atau langkah-langkah layanan.
Outbound logistics, yang berhubungan dengan pengumpulan, penyimpanan dan mendistribusikan secara fisik produk kepada pembeli. Dalam beberapa perusahaan ini adalah biaya yang signifikan, dan pembeli kecepatan nilai dan konsistensi.
Pemasaran dan penjualan termasuk hubungan pelanggan, order entry, dan manajemen harga.
Layanan purna jual meliputi dukungan produk di lapangan, instalasi, pelatihan pelanggan, dan sebagainya.
Kegiatan pendukung ditampilkan di bagian atas Gambar No 1 karena mereka adalah bagian dari semua operasi perusahaan. Mereka tidak diarahkan kepada pelanggan, tapi mereka memungkinkan perusahaan untuk melakukan kegiatan utamanya. Keempat jenis generik kegiatan pendukung yaitu:
Pengadaan, yang meliputi kontrak untuk dan pembelian bahan baku, atau barang-barang yang digunakan oleh perusahaan. Bagian dari pengadaan di departemen pembelian, tetapi juga menyebar ke seluruh organisasi.
Perkembangan teknologi mungkin hanya mencakup prosedur operasional, atau banyak terlibat dengan penggunaan teknologi yang kompleks. Saat ini, teknologi canggih meresap, dan melintasi semua kegiatan, bukan hanya fungsi R & D.
Manajemen sumber daya manusia adalah perekrutan, pelatihan, dan pengembangan masyarakat. Jelas, melintasi setiap aktivitas lain.
Infrastruktur Firm adalah bagian besar dari perusahaan, termasuk departemen akuntansi, departemen hukum, departemen perencanaan, hubungan pemerintah, dan sebagainya.
Ide dasarnya adalah bahwa keunggulan kompetitif tumbuh dari kemampuan perusahaan untuk melakukan kegiatan ini baik lebih murah dibandingkan pesaingnya, atau dengan cara yang unik. Keunggulan kompetitif harus dikaitkan justru kegiatan tertentu, dan tidak memikirkan luas pada tingkat perusahaan-lebar. Ini adalah cara yang menarik berpikir untuk informasi yang paling Jasa orang, seperti itu, pada dasarnya, pendekatan analisis sistem.
Orang komputer dilatih untuk mengurangi sistem untuk komponen mereka, mencari aplikasi terbaik untuk masing-masing komponen, kemudian membuat sebuah teknologi system._Information saling terkait juga meresap seluruh bagian rantai nilai. Setiap kegiatan yang perusahaan melakukan memiliki potensi untuk menanamkan teknologi informasi karena melibatkan pengolahan informasi. Sebagai teknologi informasi bergerak menjauh dari proses transaksi berulang dan meresapi semua kegiatan dalam rantai nilai, itu akan berada di posisi yang lebih baik untuk menjadi berguna untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Gambar No 2, Rantai Nilai:
Kegiatan Key, memberikan contoh singkat dari analisis khas dari rantai nilai untuk perusahaan manufaktur. Hal ini jelas bahwa pengolahan informasi memainkan peran penting dalam semua ini activities._Porter kunci menekankan apa yang ia sebut hubungan antara kegiatan yang perusahaan melakukan. Tidak ada kegiatan di perusahaan yang independen, namun masing-masing departemen dikelola secara terpisah. Hal yang paling penting untuk memahami keterkaitan biaya yang terlibat sehingga perusahaan bisa mendapatkan optimasi keseluruhan produksi daripada optimasi departemen.
Sebuah hubungan mungkin khas bahwa jika lebih banyak dihabiskan di pengadaan, kurang dihabiskan dalam operasi. Jika pengujian lebih jauh dilakukan dalam operasi, biaya layanan purna jual akan lebih rendah. Koordinasi multifungsi sangat penting untuk keunggulan kompetitif, tetapi seringkali sulit untuk melihat. Wawasan keterkaitan memberikan kemampuan untuk memiliki optimasi secara keseluruhan. Setiap sistem informasi strategis harus dianalisis di semua departemen dalam Keuntungan organization._Cost dan Kompetitif.
Biaya kepemimpinan adalah salah satu Porter dua jenis keunggulan kompetitif. Pemimpin biaya memberikan produk kualitas yang dapat diterima dengan biaya serendah mungkin. Ia mencoba untuk membuka celah biaya yang signifikan dan berkelanjutan atas semua pesaing lainnya. Keuntungan biaya dicapai melalui posisi unggul dalam kaitannya dengan biaya drivers._Cost diterjemahkan kunci kepemimpinan menjadi keuntungan atas rata-rata jika pemimpin biaya dapat perintah harga rata-rata dalam industri. Di sisi lain, pemimpin biaya harus menjaga kualitas yang dekat dengan, atau sama dengan, bahwa kompetisi.
Mencapai kepemimpinan biaya biasanya memerlukan trade-off dengan diferensiasi. Keduanya biasanya incompatible._Note posisi biaya relatif suatu perusahaan tidak dapat dipahami dengan melihat perusahaan secara keseluruhan. Biaya keseluruhan tumbuh dari biaya melakukan kegiatan diskrit. Posisi biaya ditentukan oleh biaya kumulatif melakukan semua nilai activities._To mempertahankan keunggulan biaya, Porter memberikan sejumlah biaya driver yang harus dipahami secara rinci karena keberlanjutan keunggulan biaya dalam suatu kegiatan tergantung pada driver biaya kegiatan itu. Sekali lagi, jenis ini detail terbaik diperoleh dengan sistem metode analisis klasik. Beberapa driver biaya yang harus dianalisis, dipahami, dan dikendalikan adalah:
Scale. Jenis yang sesuai skala harus ditemukan. Kebijakan harus diatur untuk memperkuat skala ekonomi dalam kegiatan skala-sensitif.
Reliable Secondary Sources [edit]
Mengenal IS Strategic Planning
ActionScript AS3 ASP.NET AJAX C / C++ C# Clipper COBOL ColdFusion DataFlex Delphi Emacs Lisp Fortran FoxPro Java J2ME JavaScript JScript Lingo MATLAB Perl PHP PostScript Python SQL VBScript Visual Basic 6.0 Visual Basic .NET Flash MySQL Oracle Android
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh hank2
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar